8/13/2008

Kebangkitan dan 17 Agustus

Tinggal hitungan jari, hari demi hari telah dekat dengan 17 agustus, hari dimana kenangan - kenangan kebebasan bangsa ini, akhirnya di deklarasikan secara resmi, dan inilah saat - saat dimana Indonesia menyatakan kepada dunia, bahwa kami adalah Negara yang bebas....

Bahagianya saat - saat itu... Akhirnya cita - cita bangsa Indonesia terwujudkan, entah, apa rasa bahagia dan rasa "menghargai" seperti dulu masih ada apa sudah larut begitu saja. Banyak orang yang rasanya biasa - biasa saja dengan hari - hari menyambut kenangan perjuangan pahlawan - pahlawan bangsa terdahulu. Memang merayakan, tapi kok hanya dirayakan, tidak diresapi dan beraksi!

..
Lihat saja perkembangan sekarang, mari kita pikir - pikir sejenak... Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Kemerdekaan, semua dirayakan, semua ada pestanya, upacaranya, lomba - lomba segala macam, kegiatan setengah mati, dan yang lain - lainnya lagi. Sekarang kita coba berfikir dan menghayal sedikit. Semua untuk apa dirayakan? untuk menghormati perjuangan - perjuangan pahlawan yang telah gugur. Jawaban itu sudah pasti so benar, karena, bangsa yang berdaulat adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Namun, kalau dipikir - pikir sambil dihayalkan, mmmmmmm, maaf yah agak gimana gitu, mereka sudah tidak ada lagi, mereka sudah bahagia di alam sana, mereka sudah tidak butuh lagi dihormati disaat mereka sudah tidak ada lagi, mereka bukan ingin dikenal oleh banyak penduduk indonesia di berbagai generasi selanjutnya. Lalu apa yang mereka inginkan, apa yang mereka harapkan, dan mengapa mereka PERJUANGKAN!!

Pahlwan kita, yang telah membebaskan kita hingga bisa browsing seperti ini, bukan orang yang gila hormat, artis yang ingin dikenal, jadi legenda. Mereka berjuang, karena ingin membebaskan negara ini dari penjajahan yang terkutuk, membela negara ini untuk tetap bisa bebas, dan mereka berjuang, untuk kita semua yang menjadi anak cucu mereka...

..
Lalu apa maksud semua perayaan - perayaan dari hari - hari nasional? Semua bukan sekedar upacara pengibaran, pesta - pesta, hari liburan, lomba - lomba, namun apa maksudnya? semua bukan hanya berarti pernghormatan untuk pahlawan.

Semua Hari - hari peringatan Nasional, maksudnya agar para pahlawan yang sudah tidak ada,...
Masih bisa mengingatkan kita, selama kita hidup dan berpijak di tanah air ini, kita itu sedang berjuang, terus berjuang untuk terus membela bangsa ini, terus berjuang untuk mencapai cita - cita bangsa ini. Mereka berjuang untuk kita, bukan untuk kita bersenang - senang di atas pengorbanan mereka, tapi untuk kita terus berjuang - dan berjuang, hingga cita - cita bangsa ini tercapai. Tidak usah takut sia - sia, ini Negara kita, kita tinggal disini, kalau kita yang membangunnya yah kita juga yang menikmatinya.

Maksud mereka ingin dikenang, bukan berarti nama mereka ingin dikenang, tapi mereka ingin perjuangan dan semangat - semangat mereka dikenang dan diresapi, betapa berharganya bangsa ini, negara ini, tanah air ini. Tanpa perjuangan mereka yang membebaskan negara ini, kita mungkin hanya akan jadi budak bangsa lain. Mereka tidak ingin perjuangan mereka sia - sia, dan mungkin, kejadian seperti dulu terulang lagi di masa ini.....

Darah pahlawan yang tertanam di tanah air ini,..
menangis melihat kita semua,..
melihat apa yang telah terjadi pada bangsa ini...
Namun langkah - langkah kaki yang menginjak - injak tanah air ini,..
seakan mengabaikan tangisan itu...


Kuping kita yang seakan tertutup....
Hati nurani tertutup oleh timbunan ego...
Dari suara - suara peringatan pahlawan - pahlawan bangsa....
Yang tidak tenang meninggalkan bangsa ini....
Sedang berteriak mengingatkan kita dari atas sana...


..
Semoga, semua peringatan - peringatan hari nasional, bisa membangkitkan semangat perjuangan kita. Pelajar, berjuanglah dengan pendidikan dan organisasi..... Semua, marilah berbakti untuk rumah kita ini, bangsa kita dan tanah air kita ini.

Merdeka......!!!

0 komentar: