8/07/2008

Haus, apa mungkin dehidrasi?

Kita pernah mendengar istilah tentang dehidrasi bukan? yah, mungkin juga pernah mengalami kejadian ini. Dehidrasi lebih dikenal dengan kekurangan cairan untuk proses metabolisme tubuh. Kesimpulannya, dehidrasi membahayakan bagi setiap orang.

Apa penyebab Dehidrasi?
Pertama, kita sendiri yang kurang mencukupi pasokan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedua, tubuh kita mempunyai suhu yang diatas suhu normal rata-rata yang stabil bagi tubuh. Hingga tubuh kepanasan dan kekeringan.

Kebiasaan yang kurang bagus juga sering menjadi akibat dari munculnya dehidrasi. Contohnya, minum air kalau sudah haus, minum - minuman berkadar zat lain lebih tinggi (bukan air murni).

Kebiasaan kita yang minum hanya saat haus, sebenarnya bukan kebiasaan yang baik. Haus itu, saat tenggorokan dan mulut kita kering. Sedangkan Dehidrasi bukan berarti haus. Dehidrasi itu, kekurangan cairan dalam tubuh. Contoh yang paling simple, saat hari dingin dan udara saat itu lembab, jarang sekali kita merasa haus, karena suhu udara yang melewati tenggorokan tidak begitu mengganggu aktivitas pernapasan, dan sekali lagi, air bukan berarti diserap dan digunakan untuk metabolisme tubuh.

Satu lagi dari sekian banyak. Sebenarnya kalau tubuh kita sedang butuh air, sebaiknya kita penuhi yang air saja, jangan ditambah segala macam lagi, seperti soda dan lain - lain. Dampaknya tidak begitu serius, hanya saja lebih sehat lagi kalau kita minum air murni saja.

0 komentar: