9/19/2008

FlashDisk Tweaking..... Changing Background...

Pada directory flashdisk, mungkin sebagian dari anda pernah melihat flashdisknya memiliki background tersendiri. Misal gambar fotonya, atau artis A7X pun jadi paparan sebagai identitas flasdisk siapa itu. Hanya dengan script "Desktop.ini" yang ada pada flashdisk, anda akan mendapatkan flashdisk anda memiliki background tersendiri.


ini file desktop.ini

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}


[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]

Attributes=2
IconArea_image=background.jpg (ini lokasi file background/gambar)
IconArea_Text= 0xeedddd


[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0

Hanya satu background seperti itu, yah biasa saja. Tapi coba, bagaimana kalau background dari flashdisk anda bisa berubah-ubah? tidak hanya itu - itu saja, Background akan terus berganti apabila diakses. Seru kan? lalu, bagaimana cara membuatnya?


Kunci Pertama adalah pada script "Desktop.ini" pada baris "IconArea_image=background.jpg", maksud dari kode tadi, adalah gambar yang akan ditampilkan adalah "background.jpg". Tak peduli gambarnya seperti apa, ukuran apapun, asal ada file yang bernama "background.jpg", maka gambarnya akan langsung ditampilkan, sudah mengerti sampai disini?



Kunci Kedua, adalah sebuah kode pemrograman yang cukup pendek, yang dijalankan dengan "command promt". OK, kita akan bermain dengan logika pemrograman.



Kita memiliki 2 buah gambar, dan ingin ketiganya menjadi background pada flashdisk. Namun, File "desktop.ini" hanya memperbolehkan 1 nama saja untuk dijadikan background, yaitu "Background.jpg". Untuk mempermudah pengaturan background. Mari kita namakan gambar - gambar kita secara berurutan : "Background.jpg", "Abackground.jpg".


Ganti nama file yang anda perkenankan untuk menjadi background flashdisk anda menjadi "background.jpg", dan "abackground.jpg"


Usahakan gambar yang akan digunakan tidak terlalu terang, karena apabila terlalu terang akan mempersulit untuk melihat folfer - folder pada flashdisk


Misal "Background" = gambar 1, dan "ABackground" = gambar 2. Gambar 1 isinya adalah foto pemandangan, dan gambar 2 adalah gambar kartun naruto. Apabila nama gambar 2 ("Abackground.jpg") anda ganti dengan nama "Background.jpg", maka secara otomatis, background flashdisk kita akan berubah. yaitu yang ada pada gambar 2 yang sekarang bernama "Background.jpg". Disinilah logikanya dimainkan.





Nah untuk mengganti filename kita membutuhkan fungsi yang ada di dalam "Command Promt" yaitu "Rename". Namun ada pengecualian dalam fungsi ini. Dalam satu waktu perubahan, tidak boleh ada nama yang sama. Kita tidak perlu menjalankan Command Promt, karena kita dapat menjalankan fungsinya melalui file yang kita buat sendiri, yang memiliki ekstensi ".bat" (MS-Dos Batch File).



Buka notepad, lalu ketik script seperti dibawah....



Save yang sudah diketik tadi dengan nama "batch.bat" dengan "save as type" : "All files".



Siapkan semua file yang akan dipakai di dalam Flasdisk, jangan taruh file-file itu kedalam sub-folder (atau didalam folder), karena untuk hal itu, mesti dilakukan modifikasi script terlebih dahulu.



Pastikan File-file yang diperlukan ("batch.bat", "desktop.ini", "background.jpg", "abackground.jpg") sudah siap. Sekarang, coba buka flashdisk anda, dan refresh (atau tekan F5). Lihat perubahan pada flashdisk anda. Setelah itu, coba buka "batch.bat", lalu refresh kembali. Lihat Perubahan yan terjadi.


Jangan puas dulu, background akan berganti apabila file "batch" dijalankan. Kita belum membuat background berganti apabila Flashdisk diakses. Untuk itu, kita masih perlu file yang bernama "AUTORUN.INF"... Semacam file yang isinya akan mengacu pada script yang telah kita buat tadi.


Ketik kode dibawah di dengan notepad, lalu save dengan nama "Autorun.inf" dengan save as type "All files


[autorun]

open=batch.bat

shellexecute=batch.bat

shell\Change\command=batch.bat

shell=Change

Penjelasan singkat: Autorun merupakan file yang berisi perintah otomatis, yang akan secara otomatis dijalankan saat sebuah drive di akses. Dalam hal ini, Flashdisk akan secara otomatis menjalankan "Batch.bat" saat ia diakses (di buka) melalui "my computer".


Sekarang cabut flashdisk anda (sebaiknya safely remove dulu), tunggu beberapa saat lalu cucuk kembali. Buka "My Computer" dan Buka Flashdisk anda, dan amati yang terjadi.


Sepertinya, tinggal merapikan hasil kerjaan saja. Ketik Script dibawah ini, lalu save dengan nama "hide.bat".


attrib autorun.inf +s +h
attrib desktop.ini +s +h
attrib batch.bat +s +h
attrib background.jpg +s +h
attrib abackground.jpg +s +h
del hide.bat /q

Jalankan file tersebut. File bukannya hilang, tetapi attribut mereka diganti dengan attribut "System", karena itu, file yang beratribut "system" akan secara otomatis disembunyikan oleh window dengan alasan keamanan file. Kecuali anda telah mendisable option "Hide Protected System files" pada opsi "Folder Option" (cara membuka folder option: buka my computer lalu pilih [tools][folder options]


Masih banyak yang dapat di modifikasi dari script ini. Seperti banyaknya background, lokasi (path directory) file disimpan, dan banyak lagi. Sekedar tips, apabila anda ingin mengubah warna font, coba modifikasi "Desktop.ini" pada baris kode "IconArea_Text= 0xeedddd". Kode "eedddd" bisa anda ubah dalam bilangan Hexa (batasnya : 0-9, A-F). OK? Hahahaha, coba modifikasi sendiri yah. Untuk mempermudah, saya akan berikan logika pemrogramannya pada 4 file sekaligus, dan ingat, dalam satu perubahan nama file, tidak boleh ada nama yang sama, simplenya, dalam tiap langkah perubahan, jangan sampai ada nama yang sama.



Hahahaha..... Met mencoba.... salam.....

0 komentar: